Artikel

Maulud Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H/ 2024 di Masjid Raya Pungguang Kasiak

15 September 2024 09:55:29  Lusi Rahayu  49 Kali Dibaca  Berita Desa

(Minggu, 15 September 2024) Maulud Nabi merupakan sebuah peringatan hari lahir dari Nabi Muhammad SAW yang jatuh setiap tanggal 12 Rabiul Awal dalam penanggalan tahun hijriyah. Dalam rangka menyambut Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 H/ 2024 maka diadakan rangkaian kegiatan diantaranya adalah "Malamang". Malamang adalah sebutan yang biasa masyarakat gunakan dalam memasak lamang yang terbuat dari penggabungan antara  putih beras ketan dan santan yang dimasukkan ke dalam bambu yang telah dibalut dengan daun pisang dan daun pandan dibawah nya. Malamang dijadikan sebagai simbol saat diselenggarakannya peringatan Maulud. Cara memasaknya adalah dengan mendirikan batang bambu lamang di atas tungku bara dari sabut kelapa dalam  proses pembakaran. Proses pembakaran memakan waktu kurang lebih 4 jam oleh Para Bundo-Bundo Kandung Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung.

     

Pukul 20.00 WIB (Bagda isya) diadakan ceramah keagamaan yang dilanjutkan dengan makan bersama Pemuka-pemuka masyarakat dan masyarakat Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung di Masjid Raya Pungguang Kasiak Lubuk Alung sampai subuh yang dinamakan dengan manduo baleh. 

        

(Senin, 16 September 2024) Pukul 10.00 WIB diadakan mandoa dan makan bajamba pagi bersama. setelah itu dilanjutkan dengan makan bajamba pada siang hari pukul 14.00 WIB - Selesai. Dalam hal ini juga di hadiri oleh Bupati Padang Pariaman (Suharti Bur) yang memberikan sepatah kata kepada seluruh masyarakat Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung yang hadir.

   

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Wilayah Nagari

Sinergi Program

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Lubuak Aluang-Pariaman KM 2
Nagari : Pungguang Kasiak Lubuk Alung
Kecamatan : Lubuk Alung
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25581
Telepon :
Email : nagaripungguangkasiak01@gmail.com

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:45
    Kemarin:81
    Total Pengunjung:7.993
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0