Artikel

NAGARI PUNGGUANG KASIAK LUBUK ALUNG CAKAP DIGITAL

25 Juli 2023 10:23:01  Lusi Rahayu  5 Kali Dibaca  Berita Desa

(Selasa, 25 Juli 2023), Ruang Komunitas Digital Desa/RKDD Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung melaksanakan Pelatihan Literasi Digital Dasar yang merupakan pelatihan pertama dan dasar dalam menyukseskan program Desa Cerdas / Smart Village tahun 2023. Adapun tema yang diambil adalah Nagari Pungguang Kasiak Lubuk Alung "Cakap Digital".

 

PENGUATAN 4 PILAR LITERASI DIGITAL

       

Literasi adalah kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. (Merriam-Webster). Literasi adalah kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga, dan masyarakat (National Institute for Literacy).

Literasi Digital adalah kecakapan menggunakan media digital dengan beretika dan bertanggung jawab untuk memperoleh informasi dan berkomunikasi. Literasi Digital sangat penting untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif, memecahkan masalah, berkomunikasi lebih lancar, dan berkolaborasi dengan lebih banyak orang.

Ada 4 (empat) Pilar Literasi Digital:

  1. Digital Skill

Kemampuan individu dalam mengetahui, memahami dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK serta operasi digital.

  1. Digital Ethics

Kemampuan individu dalam menyadari, mencontohkan, menyeduaikan diri, merasioanalkan, mempertimbangkan, dan mengembangkan tata kelola etika digital dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Digital Culture

Kemampuan individu dalam membaca, menguraikan, membiasakan, memeriksa, dan membangun wawasan kebangsaaan, nilai Pancasila, dan Bhinneka Tunggal Ika dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Digital Safety

Kemampuan individu dalam mengenali, mempolakan, menerapkan, menganalisis, dan meningkatkan kesadaran keamanan digital dalam kehidupan sehari-hari.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Aparatur Nagari

Back Next

Info Media Sosial

Agenda

Belum ada agenda

Statistik Penduduk

Wilayah Nagari

Sinergi Program

Lokasi Kantor Nagari


Kantor Desa
Alamat : Jl. Raya Lubuak Aluang-Pariaman KM 2
Nagari : Pungguang Kasiak Lubuk Alung
Kecamatan : Lubuk Alung
Kabupaten : Padang Pariaman
Kodepos : 25581
Telepon :
Email : nagaripungguangkasiak01@gmail.com

Komentar Terbaru

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:36
    Kemarin:81
    Total Pengunjung:7.984
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:172.25.88.3
    Browser:Mozilla 5.0